[Sistem Operasi] [Komunikasi Data] [Database] [Teknologi] [Programming] [Teknik Kompilasi] [Otomata]

Ads, Information or Related about Computer

Rumah Studio
The Real Management
Recording Sound Engineering
Equipped with :
Rode, Alesis,Fender,Yamaha
Shure, Sabian, Remo, Mackie
ECHO, PreSonus, Music Man
Phone : +62 819 602 8707
Medan

The Real Management
The Real Management
Andakah yang kami cari ?
Kirimkan foto close up anda ke :
Real Management Ruko Blok E1 Lantai 3
Jl. Lebak Bulus I No. 1 Cilandak Barat
Jakarta Selatan 12430
Phone : 021-22702102
info lebih detail hubungi
Phone : +628161898512, +622157936487

Kedai Jasmin
Perum Taman Sari Bukit Damai Blok B3 No 30 Jl Raya Parung - Serpong, Pedurenan, Gunung Sindur, Bogor
Call / SMS : +62817762181 (Mila)
Menyediakan dan menjual :
- Madu ASLI Hutan Sumatra
- HABATUSSAUDA
- MADU ARAB
- PIL SEDAP MALAM
- KRIM MINYAK ZAITUN
- BUKU-BUKU ISLAMI
- PAKAIAN, TAS dan SEPATU
- TERALIS, KANOPI, dsb
- SOUVENIR PERKAWINAN

Arie's Wedding Organizer
Perum Taman Narogong Indah Blok F 29 No 11 Bekasi
- Dekorasi Pelaminan
- Tata Rias dan Busana
- Foto dan Video Shooting
- Hiburan
- Compliment
Phone :
02183464447, 02199671075, 081319792428, 085659934444

Hipotesa

Jarak terdekat antara benda di bumi merupakan jarak terjauh antara kedua benda tersebut. Jarak terjauh dapat dilihat bila kedua benda tersebut diukur dari jarak berlawan sehingga harus mengelili bumi terlebih dahulu

Perputaran bumi (rotasi) memiliki kecepatan melebihi kecepatan pesawat terbang. Dapat dilihat dari contoh bila lama perjalanan pesawat dari Jakarta ke medan adalah 2 jam, bumi berputar cukup membutuhkan waktu sekitar 30 menit (perbedaan waktu magrib untuk Jakarta dan Medan). Berarti 4 kali kecepatan pesawat penerbangan

Semakin cepat jantung berdetak, semakin lama waktu berlalu. Manusia dengan detak jantung cepat akan terlihat melaksanakan sesuatu dengan cepat, sebaliknya orang yang berdetak lambat akan merasa dia baru melakukan sedikit untuk hari ini. Efek bagi manusia dengan detak jantung cepat adalah hipertensi tinggi

Pegumpalan darah di otak dapat dikurangi dengan mengkonsumsi nenas

Sumber segala Obat sebagian besar ada di tanah. lalu air, udara, dan panas matahari. Dari tanah yang sama di bantu dengan air, udara dan sinar matahari yang sama bisa hidup tumbuh-tumbuhan yang berbeda, termasuk tumbuh-tumbuhan yang sering menjadi penyembuh penyakit-penyakit tertentu

Normalisasi

Normalisasi

Proses normalisasi adalah proses untuk memperoleh properti-properti skema relasi yang bagus menjadi bentuk normal lebih tinggi sehingga syarat-syarat dibawah ini terpenuhi:

a. Mengoptimalisasi redudansi (pengulangan data yang tidak perlu). Redudansi tidak bisa dihilangkan sama sekali karena berguna untuk integritas referensial, tetapi redudansi bisa dioptimalisasi. Untuk jumlah data yang tidak terlalu banyak mungkin tidak terlalu berpengaruh dalam hal penggunaan harddisk. Tapi bayangkan jika ada ribuan, bahkan jutaan redudansi, mungkin akan sangat berpengaruh pada penggunaan ruang.

b. Menghilangkan anomali. Anomali pada dasarnya adalah ketidak-konsistenan (inkonsistensi). Misalkan ada pergantian nama dari Bank Perkasa menjadi Bank Perkasa Utama sebanyak 4 record. Jika pergantian nama hanya dilakukan pada salah satu record saja, maka terjadi ketidak-konsistenan yaitu satu nomor bank berrelasi dengan 2 nama bank yang berbeda.

Dekomposisi tabel dapat mengurangi redudansi yang ada dan menghilangkan anomali.


Perancangan melalui proses normalisasi mempunyai keuntungan-keuntungan sebagai berikut :

a. Meminimalkan ukuran penyimpanan yang diperlukan untuk penyimpanan data.

b. Meminimalkan resiko inkonsistensi data pada basis data.

c. Meminimalkan kemungkinan anomaly pembaruan.

d. Memaksimalkan stabilitas struktur data.


Bentuk Normal

Tujuan proses normalisasi adalah mengkonversi relasi menjadi bentuk normal lebih tinggi. Terdapat beragam tingkat bentuk normal, yaitu :

a. Bentuk normal pertama (1NF)
b. Bentuk normal kedua (2NF)
c. Bentuk normal ketiga (3NF)
d. Bentuk normal Boyce-Codd (BCNF)
e. Bentuk normal keempat (4NF)
f. Bentuk normal kelima (5NF)


Codd mendefinisikan bentuk normal pertama, kedua dan ketiga di makalah (Codd, 1970). Bentuk normal ketiga kemudian diperbaiki sehingga mempunyai bentuk normal yang lebih kuat yaitu BCNF (Codd, 1974). Fagin memperkenalkan bentuk normal keempat (Fagin, 1977), kemudian Fagin juga memperkenalkan bentuk normal kelima (Fagin, 1979).

Bentuk normal pertama untuk menghilangkan atribut bernilai jamak. Bentuk normal kedua untuk menghilangkan kebergantungan parsial. Bentuk normal ketiga untuk menghilangkan kebergantungan transitif. Bentuk normal Boyce-Codd untuk menghilangkan anomaly tersisa disebabkan kebergantungan fungsional. Bentuk normal keempat untuk menghilangkan kebergantungan nilai jamak. Bentuk normal kelima untuk menghilangkan anomaly tersisa.

Tiga bentuk normal pertama berkaitan dengan kebergantungan fungsional. Sementara itu bentuk keempat dan kelima berkaitan dengan redudansi yang disebabkan kebergantungan banyak nilai (multi-valued dependencies).


Bentuk Normal Pertama

Bentuk normal pertama adalah ekivalen dengan definisi model relasional. Relasi adalah bentuk normal pertama (1NF) jika semua nilai atributnya adalah sederhana (bukan komposit).


Bentuk Normal Kedua

Bentuk normal kedua memiliki ketentuan harus telah berbentuk normal pertama (1NF), dan semua atribut bukan utama harus bergantung fungsional penuh pada kunci relasi.

Relasi pada bentuk normal kedua harus tidak menyimpan fakta-fakta mengenai bagian kunci relasi. Bentuk normal kedua menghilangkan kebergantungan parsial dan masih memiliki anomali-anomali yang secara praktis tidak dapat diterima.


Bentuk Normal Ketiga

Bentuk normal ketiga memiliki ketentuan harus telah berbentuk normal kedua (2NF) dan relasi tidak boleh memuat kebergantungan fungsional di antara atribut-atribut bukan utama.

Bentuk normal ketiga menghilangkan kebergantungan transitif, awalnya bentuk normal ketiga dipikir sebagai bentuk normal puncak/paling akhir. Namun kemudian dapat ditemukan bentuk normal lebih kuat yaitu bentuk normal Boyce-Codd.


Bentuk Normal Boyce-Codd (BCNF)

BCNF memiliki ketentuan yaitu masing-masing atribut utama bergantung fungsional penuh pada masing-masing kunci dimana kunci tersebut bukan bagiannya. Relasi adalah BCNF (optimal) jika setiap determinan atribut-atribut relasi adalah kunci relasi. Relasi adalah BCNF (optimal) jika kapanpun fakta-fakta disimpan mengenai beberapa atribut, maka atribut-atribut ini merupakan satu kunci relasi. BCNF dapat memiliki lebih dari satu kunci. Properti penting BCNF adalah relasi tidak memiliki informasi yang redundan.


Bentuk Normal Keempat

Relasi dalam bentuk normal keempat (4NF) jika relasi dalam BCNF dan tidak berisi kebergantungan banyak nilai. Untuk menghilangkan kebergantungan banyak nilai dari satu relasi, kita membagi relasi menjadi dua relasi baru. Masing masing relasi berisi dua atribut yang mempunyai hubungan banyak nilai.


Bentuk Normal Kelima

Bentuk normal kelima (5NF) berurusan dengan properti yang disebut join tanpa adanya kehilangan informasi (lossless join). Bentuk normal kelima (5NF) juga disebut PJNF (projection-join normal form). Kasus-kasus ini sangat jarang muncul dan sulit untuk dideteksi secara praktis.

Contact Us © 2006 Global Komputer